Dalam 7 Hari Gunakan 7 Cara Ini untuk Meningkatkan Hidup Anda

Satu-satunya cara untuk meningkatkan hidup Anda adalah secara konsisten membuat pilihan yang akan membuat hidup Anda lebih baik. Sangat menggoda untuk berpikir Anda perlu membuat perubahan besar dalam upaya untuk mengubah dan meningkatkan semuanya sekaligus. Tetapi kenyataannya adalah, hal-hal kecillah yang bertambah dan berdampak besar pada kita.

Jika Anda benar-benar ingin mulai meningkatkan hidup Anda, mulailah dengan langkah-langkah kecil namun bermakna yang dapat Anda kembangkan seiring waktu. Lakukan aktivitas baru dan menarik, tetapi mulailah perlahan-lahan agar Anda tidak kewalahan. 

Dalam waktu singkat, Anda akan mulai melihat hidup Anda membaik dengan mengambil langkah-langkah yang membantu Anda membangun pengetahuan, meningkatkan kepercayaan diri, dan terlibat dalam aktivitas yang membuat Anda merasa lebih sehat dan lebih terhubung dengan diri Anda sendiri dan orang lain.



7 Cara Ini untuk Meningkatkan Hidup Anda 

Berikut tujuh langkah yang akan membantu membuka pikiran Anda, melepaskan stres dan mengingatkan Anda tentang apa yang benar-benar penting dalam hidup. Mulailah hari ini, dan hanya dalam tujuh hari Anda akan mulai melihat peningkatan kecil namun mendalam dalam hidup Anda.

1. Mulailah mempelajari keterampilan baru.

Apa satu hal yang selalu ingin Anda pelajari, tetapi tidak pernah menyediakan waktu untuk itu? Mungkin Anda selalu ingin belajar berbicara bahasa asing, memainkan alat musik, merajut atau menggunakan mesin jahit. Anda mungkin berharap memiliki keterampilan praktis, seperti Photoshop atau spreadsheet Excel, tetapi tidak pernah meluangkan waktu untuk mempelajarinya.

Atau Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan aktivitas yang biasanya Anda sukai tetapi sudah menyerah, seperti belajar bermain sepatu roda atau skateboard. Pilih sesuatu yang menggerogoti pikiran Anda dan buatlah rencana untuk mempelajarinya.

Selanjutnya, cari sumber daya yang Anda butuhkan untuk membantu Anda menguasai keterampilan baru ini. Untuk mempelajari bahasa asing, ada sejumlah aplikasi yang tersedia untuk diunduh. LinkedIn Learning menawarkan banyak tutorial untuk membantu Anda dalam hal bisnis, manajemen, dan perangkat lunak. 

YouTube adalah sumber daya hebat lainnya, menawarkan tutorial gratis tentang apa pun mulai dari belajar sepatu roda hingga menggunakan mesin jahit. Luangkan waktu 15-30 menit setiap hari untuk melatih keterampilan baru Anda, dan lihat betapa luar biasa rasanya mulai memotong tujuan yang lebih besar ini.

2. Beri diri Anda hadiah setiap hari.

Salah satu nasihat perawatan diri terbesar ada di episode awal serial Twin Peaks , atas kebaikan Agen Dale Cooper: “Setiap hari, sekali sehari, berikan diri Anda hadiah. Jangan rencanakan, jangan tunggu, biarkan saja terjadi. Bisa jadi kemeja baru di toko pria, tidur siang di kursi kantor atau dua cangkir kopi hitam panas yang enak. ”

Terlalu sering, orang terpaku pada gagasan bahwa penghargaan diri harus menjadi acara besar dan langka yang terbatas pada acara-acara khusus; bahwa itu perlu direncanakan sebelumnya dan diperoleh melalui kerja keras

Sebenarnya tidak harus seperti itu. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mendapatkan sesuatu yang menyenangkan. Faktanya, jauh lebih sehat untuk memanjakan diri sesekali (dalam dosis sedang, tentu saja), daripada terus-menerus hidup dalam kekurangan.

Memberi diri Anda sedikit makanan setiap hari akan memberi Anda dorongan kebahagiaan ekstra dan motivasi positif. Anggap saja itu setara emosional dengan menekan tombol "refresh". Jadi, daripada kelelahan, Anda akan diremajakan dan siap untuk mengatasi tantangan kehidupan sehari-hari Anda.

3. Mulailah program latihan.

Olahraga bukan hanya bagian penting dari hidup sehat; Ini juga cara yang bagus untuk memperbaiki suasana hati Anda, menjaga kendali atas berat badan Anda, menekan nafsu makan Anda dan mengurangi efek stres. Dan sebagai insentif utama, orang yang berolahraga hidup lebih lama dan lebih sehat daripada mereka yang tidak banyak bergerak.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan merekomendasikan untuk mendapatkan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang atau 75 menit aktivitas aerobik berat dalam seminggu, atau kombinasi dari keduanya. Jika Anda tidak mendapatkan tingkat aktivitas itu sekarang, inilah saatnya untuk mulai melakukan sesuatu.

Terlepas dari tingkat kebugaran Anda, Anda dapat memulai program latihan di rumah. Pertama, nilai tingkat kebugaran Anda dengan mempertimbangkan tingkat kebugaran dasar Anda. Kemudian pertimbangkan apa tujuan Anda. 

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan, meningkatkan kelenturan, membangun otot? Apakah Anda berharap untuk berlatih maraton atau tantangan kebugaran lainnya? Tetapkan tujuan yang jelas sehingga Anda dapat mengukur kemajuan Anda. 

Anda harus berusaha memasukkan latihan kekuatan dari semua kelompok otot utama ke dalam rutinitas kebugaran Anda setidaknya dua hari seminggu. Cobalah menjadikan olahraga sebagai kebiasaan sehari-hari. Mulailah perlahan dan tingkatkan rutinitas olahraga yang lebih ketat dari waktu ke waktu.

4. Rapikan lingkungan Anda.

Anda harus mengakui bahwa hidup di lingkungan yang teratur dan bersih adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kehidupan Anda. Ini dapat mengurangi perasaan stres dan membantu Anda beroperasi lebih efisien.

Lingkungan hidup yang bebas dari kekacauan menciptakan perasaan nyaman dan puas di rumah dan kehidupan kantor Anda. Ruang yang rapi dan bersih memungkinkan Anda melakukan tugas sehari-hari dengan lebih efisien karena semuanya sudah tersedia dan Anda tahu di mana menemukan hal-hal yang Anda butuhkan.

Membersihkan ruangan juga lebih sehat secara fisik karena menghilangkan partikel debu yang menumpuk pada semua barang yang tidak pernah kita gunakan. Dan proses penguraian dapat memberi Anda rasa pencapaian. Anda akan bangga dengan lingkungan Anda, yang berarti berkurangnya kecemasan atau rasa malu saat pengunjung datang.

5. Buatlah daftar keinginan.

Daftar keinginan adalah cara yang bagus untuk memberikan kejelasan tentang apa yang penting dalam hidup Anda. Daftar keinginan  dapat mencakup tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ingin Anda capai.

Daftar ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kehidupan Anda, karena dapat membantu  melihat apa yang paling penting bagi Anda.

Tujuan akhir dari daftar keinginan adalah membantu Anda memanfaatkan setiap hari. Alih-alih membiarkan hari berlalu begitu saja, gunakan daftar keinginan untuk memberi Anda tujuan, konsentrasi, dan arah hidup.

Ini dapat membantu menentukan pengalaman apa yang ingin Anda miliki dan membantu mencapai hal-hal yang ingin di capai. Setelah memiliki daftarnya, Anda harus mulai melakukan petualangan ini, menjelajahi dunia Anda dan membangun kenangan yang akan membuat Anda tersenyum setiap hari.

6. Hadapi rasa takut.

Kita semua punya ketakutan . Ketakutan dapat membantu kita tetap hidup dan aman. Tapi ketakutan juga bisa menahan kita, terutama jika kita membiarkannya mengendalikan kita. 

Luangkan waktu untuk menjelaskan ketakutan Anda. Beberapa ketakutan memang valid, tetapi yang lainnya hanyalah kecemasan yang mengakar. Pisahkan ketakutan "nyata" dari skenario terburuk yang Anda biarkan lepas kendali. Saat kita menghadapi ketakutan kita, kita membangun keberanian dan belajar mengatasi pikiran-pikiran gelap ini.

Saat Anda mengatasi ketakutan Anda, Anda mengembangkan kebijaksanaan. Beberapa dari ketakutan kita mungkin menjadi kenyataan, tetapi hidup melalui kesulitan membantu kita mendapatkan pemahaman. Bahkan jika yang terburuk terjadi, kita bisa belajar mengatasinya. Memahami ketakutan kita membantu kita mengembangkan rasa iba terhadap orang lain.

Kita bisa menempatkan diri kita pada posisi orang lain dan memiliki empati atas apa yang mereka alami. Dan yang terpenting, menghadapi ketakutan akan membantu membangun ketahanan dan keuletan. Jika Anda telah menghadapi ketakutan Anda, Anda telah belajar untuk mengatasi rintangan. Anda telah belajar bahwa Anda dapat berhasil bahkan dalam keadaan sulit.

7. Terhubung kembali dengan teman lama.

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari berhubungan kembali dengan seorang teman lama. Terkadang kita membiarkan ruang dan waktu menghalangi kita dan orang yang kita hargai. Kadang-kadang persahabatan jatuh atau menjadi sunyi, bukan karena perasaan was-was atau kedengkian, tetapi karena kita sibuk dan tidak berusaha untuk mempertahankan ikatan itu.

Tapi saat kita menghidupkan kembali persahabatan lama, kita terhubung kembali dengan masa lalu kita. Dan Anda mungkin menemukan bahwa hubungan itu masih sekuat sebelumnya; bahwa Anda dapat melanjutkan tepat di bagian terakhir yang Anda tinggalkan.

Teman lama dapat mengingatkan Anda tentang siapa Anda sebelum kehidupan menjadi rumit, dan ini dapat membantu Anda melihat siapa yang Anda inginkan saat ini. Mereka dapat membangkitkan kembali impian dan keinginan lama yang pernah Anda miliki. 

Mungkin Anda telah melampaui ambisi lama itu. Mungkin keinginan lama itu tidak berlaku lagi. Jika itu masalahnya, teman-teman yang kita miliki selamanya dapat membantu kita mengukur seberapa jauh kita telah berkembang, dan mengingatkan kita seberapa jauh kita harus melangkah.

Baca juga