5 Tips Orang Sukses Dalam Menguasai Ketahanan Untuk Menghadapi Gelombang Hidup

Ketahanan adalah kemampuan luar biasa yang membantu kita pulih dengan cepat dari kesulitan. Jika Anda ulet, Anda memiliki kemampuan bawaan untuk terus bangkit saat hidup menjatuhkan Anda. Anda telah belajar bagaimana kembali dan melanjutkan hidup.

Dengan membangun ketahanan kita belajar menghadapi tantangan - ini adalah proses beradaptasi dengan baik terhadap trauma, tragedi, atau stres yang signifikan. 

Pada dasarnya, itu harus menghancurkan Anda terlebih dahulu untuk mempelajari cara untuk bangkit. Seiring waktu, orang-orang sukses belajar tidak hanya bagaimana mengatasinya, tetapi untuk merangkul tantangan ini. Mereka memahami bahwa setiap krisis yang mereka hadapi adalah kesempatan untuk belajar dan berkembang.



5 Tips Menguasai Ketahanan Untuk Menghadapi Gelombang Hidup

Ketahanan adalah keterampilan penting yang harus dikuasai agar sukses dalam jangka panjang. Berikut adalah delapan strategi yang digunakan orang-orang sukses untuk membangun ketahanan dan terus tumbuh melampaui krisis yang sebaliknya akan mencegah mereka.

1. Bangun lingkaran kepercayaan.

Kita semua membutuhkan orang yang dapat kita andalkan dalam hidup kita. Membangun lingkaran dekat dengan orang-orang yang dapat Anda percayai adalah bagian penting dalam membangun ketahanan dan mengelola masa-masa sulit. 

Teman dekat, keluarga, dan orang yang kita cintai adalah dukungan sosial kita - mereka mendorong dan memotivasi kita serta memberi tahu kita bahwa kita tidak sendiri. Ketika kita mengelilingi diri kita dengan orang-orang yang mendukung kita, kita dapat berbagi perasaan dan kekhawatiran tanpa takut dihakimi.

Orang-orang dengan tingkat dukungan sosial yang tinggi lebih mudah mengatasi depresi dan lebih mampu mengatasi stres. Jangan lupa untuk menghubungi dan meminta bantuan saat Anda membutuhkannya!

2. Ubah cara Anda memandang situasi stres.

Cara kita memandang situasi yang berpotensi menimbulkan stres dapat memperburuk atau meminimalkan krisis dalam pikiran kita. Ini disebut reformulasi kognitif dan melibatkan melihat sesuatu dengan cara yang mengurangi stres dan meningkatkan perasaan terkendali dan damai. 

Mengklasifikasi ulang hal-hal dengan cara yang lebih positif dapat mengubah persepsi kita dan menghilangkan perasaan stres kita.

Trik berpikir ini sebenarnya dapat mengubah respons fisik Anda terhadap stres, karena respons stres tubuh Anda dipicu oleh stres yang dirasakan. Dengan kata lain, jika Anda terus-menerus merasa seperti krisis yang mendekat, tubuh Anda akan bereaksi seolah-olah itu benar dan respons pilihan hadapi atau lari Anda akan muncul.

Sadarilah bagaimana Anda berpikir tentang berbagai hal - apakah Anda cenderung optimis atau pesimis ketika mempertimbangkan situasi masa depan? Berhenti tergelincir ke dalam pola pikir yang terlalu negatif. Daripada melihat situasi yang sulit sebagai masalah yang tidak dapat diatasi, cobalah menjadikannya sebagai tantangan yang dapat Anda atasi.

3. Ambil tindakan.

Jangan biarkan diri Anda menjadi lumpuh, mati rasa atau terlepas selama trauma atau krisis. Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak bergantung pada peristiwa di luar kendali Anda - Anda selalu dapat melakukan sesuatu. Dengan memulai tindakan dan mengambil langkah kecil pertama, Anda dapat memperoleh kepercayaan diri untuk mengambil langkah yang lebih besar.

Anda dapat membangun ketahanan dengan belajar mengambil tindakan tegas selama situasi kritis. Jangan menunggu orang lain masuk dan menyelamatkan hari Anda. Segera pertimbangkan langkah-langkah apa yang dapat Anda ambil dan tempatkan diri Anda untuk mengendalikan suatu situasi. 

Bagaimana Anda dapat menarik diri Anda dari bencana atau dilema? Anda tidak dapat menyingkirkan masalah Anda, dan melakukannya akan membuat Anda merasa tidak berdaya. Berdayakan diri Anda dan manfaatkan kekuatan tekad Anda untuk mengambil kendali dan memperbaiki situasi negatif.

4. Memiliki sikap positif.

Pola pikir dan sikap Anda dalam menghadapi suatu masalah dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa tangguh Anda ketika menghadapi kebuntuan atau keadaan yang menyusahkan. 

Mempertahankan pandangan penuh harapan dan optimis akan membantu Anda melihat melampaui kesulitan yang Anda hadapi saat ini.

Perhatikan putaran pikiran negatif yang mungkin membuat Anda terjebak. Tangkap diri Anda saat Anda tergelincir ke dalam pola berpikir yang memicu stres. 

Ketika Anda memikirkan masa depan, apakah Anda fokus pada bagaimana segala sesuatunya menjadi lebih baik dan mencari kemungkinan serta peluang di masa depan? Atau apakah Anda memikirkan apa yang terasa seperti masalah tanpa harapan? Gantilah pikiran negatif ini dengan pikiran positif.

5. Terimalah bahwa perubahan adalah bagian dari hidup.

Banyak orang menghabiskan hidup mereka untuk menghindari perubahan. Prospek menghadapi perubahan membuat mereka takut akan hal yang tidak diketahui. Tapi perubahan pasti akan menyusul Anda. 

Salah satu cara penting orang sukses membangun ketahanan adalah dengan menerima bahwa perubahan akan datang. Mereka fokus untuk bersiap menghadapi perubahan dan mereka belajar beradaptasi dan menyesuaikan diri saat perubahan sudah dekat. Orang sukses melihat perubahan sebagai komponen penting untuk merevisi cara lama dan merangkul inovasi.

Kita akan terus mengalami perubahan dalam hidup kita, melalui hubungan kita dan dalam tubuh fisik kita. Lingkungan kerja dan rumah kita akan berubah, dan memang seluruh dunia di sekitar kita akan mengalami pergolakan dan transformasi.

Kita semua harus belajar menghadapi perubahan dan terus maju dan tumbuh melalui itu semua. Perhatikan cara Anda merespons perasaan stres yang disebabkan oleh perubahan. Bekerja untuk mengubah cara Anda berpikir tentang perubahan - lihat kemungkinan dan peluang yang datang dengan perkembangan baru apa pun.




Baca juga