Bagaimana Caranya Melarikan Diri dari Penjara Pikiran Negatif

Jika Anda ingin mengubah keadaan Anda, Anda perlu mengubah cara berpikir Anda. Anda harus berhenti percaya bahwa Anda terjebak dalam situasi Anda dan secara pasif menerima bahwa Anda tidak mampu berbuat apa-apa.

Banyak orang membiarkan diri mereka dikurung oleh ketakutan dan kecemasan mereka . Bagi orang-orang ini, seorang kritikus batin sepertinya selalu berbisik di telinga mereka, mencegah mereka berhasil. 


Sebenarnya, pikiran negatif akan membelenggu Anda pada kehidupan yang biasa-biasa saja dan tidak memuaskan. Jika Anda ingin mengembangkan diri Anda secara maksimal, Anda perlu melepaskan diri dari penjara pikiran negatif yang Anda buat sendiri.

Cara Melarikan Diri dari Penjara Pikiran Negatif

Yang dibutuhkan hanyalah latihan yang konsisten dan kemauan untuk mengatasinya. Gunakan 5 alat efektif ini untuk mulai menciptakan Anda yang lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih positif hari ini.

1. Tetapkan "norma" baru Anda.

Hal-hal negatif begitu meluas di dunia sekarang ini sehingga kita bisa terperosok ke dalamnya bahkan tanpa menyadarinya. Ini bisa terjadi dengan cara yang halus. Teman-teman kita mungkin menggoda kita untuk impian kita, dengan begitu saja mengurangi tujuan kita. 

Atau anggota keluarga mungkin mendesak kita untuk mencari pekerjaan yang dapat diandalkan untuk tetap bertahan. Kita dikelilingi oleh ketukan genderang yang terus-menerus dari "Anda tidak bisa datang, jadi jangan coba-coba."

Negatif sangat menyebar karena otak kita terhubung seperti itu sebagai bagian dari mekanisme pertahanan diri kita. Oleh karena itu, kita juga menerimanya seperti biasa . Tetapi berpikir negatif itu tidak sehat. Itu bisa menjebak kita dalam penjara ketakutan, kecemasan, kemarahan dan keputusasaan. 

Untuk membebaskan diri, Anda perlu mulai menetapkan norma baru.

2. Beri diri Anda obrolan ringan.

Untuk benar-benar keluar dari penjara pikiran negatif, Anda harus mulai bertindak positif setiap hari. Ini akan membantu Anda memberantas hal-hal negatif dengan tidak memberinya ruang untuk membusuk dalam pikiran Anda. 

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menulis pidato semangat untuk diri sendiri yang berbunyi seperti iklan - seperti Anda menjual diri sendiri dengan mempromosikan kualitas terbaik Anda. Apa yang akan Anda katakan untuk memasarkan diri Anda sendiri?

Pikirkan ini seperti kampanye iklan internal yang hanya akan Anda lihat. Ini adalah iklan internal yang dapat Anda mainkan berulang-ulang di benak Anda - ini adalah obrolan yang terus-menerus untuk diri sendiri. 

Ucapkan obrolan ringan ini kepada diri Anda sendiri dengan lantang setidaknya sekali sehari (sebaiknya di pagi hari), dan bacakan untuk diri Anda sendiri beberapa kali sepanjang hari.

3. Kembali ke kenyataan.

Pemikiran negatif sering kali berpusat pada pikiran tentang masa lalu yang mengecewakan, menyakitkan atau mengesalkan, atau di sekitar kecemasan atau ketakutan tentang sesuatu yang kita yakini akan terjadi di masa depan. 

Pikiran negatif menciptakan kegelisahan dan penderitaan mental karena kita berfokus pada perenungan ini alih-alih hidup dalam realitas saat ini. Dengan mengembalikan perhatian Anda ke saat ini, Anda akan melihat bahwa pikiran negatif Anda hanyalah itu - pikiran. Itu bukanlah kenyataan. Dengan hidup pada saat ini, Anda dapat mulai membentuk realitas seperti yang Anda inginkan.

4. Menjadi orang yang nyaman.

Jika Anda ingin membebaskan diri dari hal-hal negatif, Anda harus mulai menarik hal-hal positif. Itu berarti memancarkan jenis energi positif yang membuat orang tertarik pada Anda. Anda dapat melakukannya dengan belajar jujur, ramah, dan disukai. 

Apakah Anda membuat orang lain merasa nyaman di sekitar Anda? Apakah Anda menunjukkan minat pada mereka dan bertanya tentang diri mereka (dan kemudian benar-benar mendengarkan jawaban mereka)?

Kita semua ingin merasa dihargai dan disukai, dan jika Anda menunjukkan perhatian ini kepada orang lain, mereka akan mulai merespons dengan cara yang sama. Anda bisa mulai dengan mengalihkan fokus dari diri Anda kepada orang lain dengan menunjukkan kepada orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda benar-benar peduli kepada mereka.

Menjadi "orang yang nyaman" dengan terlebih dahulu menjadi nyaman dengan diri Anda sendiri dan membuat orang lain merasa diterima ketika mereka berada di sekitar Anda.

5. Kekuatan pengampunan.

Kita mungkin membayangkan bahwa tidak memaafkan seseorang adalah bentuk hukuman untuk orang itu; cara membuat mereka membayar atas apa yang telah mereka lakukan kepada kita. Kita mungkin merasa seperti menahan pengampunan kita adalah cara untuk membuktikan rasa sakit hati kita sendiri dan mempertahankan rasa kebenaran kita. 

Kita dianiaya, dan kita perlu membuat orang lain membayar atas apa yang telah mereka lakukan.

Tetapi kenyataannya, pengampunan adalah hadiah untuk diri Anda sendiri, pertama dan terutama, karena itu memungkinkan Anda untuk melepaskan dan melangkah maju. Pengampunan adalah bagian penting dari melepaskan emosi negatif seperti kepahitan, dendam dan amarah. 

Ketika kita benar-benar memaafkan seseorang, kita juga menyembuhkan diri kita sendiri dan dapat mulai mengubah pola pikir kita menjadi lebih optimis dan penyayang. Ini tidak berarti bahwa Anda mengabaikan kesalahan yang telah dilakukan atau melupakan atau memaafkan apa yang telah terjadi. Tetapi dengan melepaskan, Anda mencegah perasaan negatif itu menggerogoti Anda.


Baca juga