Tubuh Dan Pikiran Anda Membutuhkan 6 Makanan Lezat Ini

Apa yang Anda makan berdampak besar tidak hanya pada tubuh Anda, tetapi pada otak Anda. Sebelum Anda makan apa pun, luangkan waktu sejenak untuk bertanya: Apakah ini mengobarkan tubuh saya atau melukai tubuh saya? 

Apakah Anda memberi makan tubuh Anda makanan yang tinggi nilai gizinya? Makan makanan yang tepat dalam jumlah yang tepat akan membantu Anda tetap sehat, dan juga akan menyempurnakan sel-sel otak Anda untuk kehidupan ketangkasan mental. Diet yang tepat dapat membantu Anda tetap fokus, energik, dan tajam secara mental.


6 Makanan Lezat untuk Memberi Makan Tubuh dan Pikiran

Ada banyak alternatif enak tapi sehat di toko bahan makanan terdekat. Anda hanya perlu tahu apa yang harus dicari. Untuk membantu Anda bugar secara mental, berikut adalah beberapa tip pro tentang 6 makanan peningkat otak yang akan memberi makan pikiran Anda bersama dengan tubuh Anda.

Nikmati cokelat hitam

Pastikan Anda menikmati cokelat hitam yang mengandung setidaknya 70 persen kakao. Kakao mengandung flavonoid, antioksidan penting, dan dikenal untuk mendukung kesehatan dan fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dalam coklat dapat membantu membalikkan beberapa masalah memori.

Cokelat hitam juga dapat meningkatkan plastisitas otak, yang penting untuk banyak fungsi otak, termasuk pembelajaran dan memori. Pastikan Anda memilih cokelat hitam yang lebih sehat. Sebagian besar cokelat batangan tidak menawarkan manfaat kesehatan dari cokelat hitam, dan kadar gula yang tinggi sebenarnya dapat mempercepat penuaan dan peradangan.

Kekuatan protein

Protein membentuk 20 persen dari tubuh manusia dan merupakan salah satu bahan pembangun yang diperlukan untuk berfungsi dan menjaga kesehatan yang baik. Ini berarti mendapatkan cukup protein adalah bagian penting dari diet apa pun dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa diet tinggi protein dapat melindungi otak dan mengurangi risiko terkena Alzheimer di kemudian hari. Sementara daging dan ikan biasanya dianggap tinggi protein, sumber penting lainnya termasuk telur, kedelai, susu, kacang-kacangan, dan polong-polongan. 

Usahakan makan makanan dengan perbandingan setidaknya satu gram protein dengan satu gram karbohidrat. Daging olahan harus menjadi yang terakhir dalam daftar protein Anda.

Berry adalah permen alam

Jika Anda mencari alternatif yang sehat untuk menenangkan gigi manis Anda, cobalah menukar permen dengan beri kaya antioksidan. Menurut penelitian, buah beri adalah makanan otak yang bagus karena mengurangi peradangan, membantu meningkatkan komunikasi antar sel otak, dan mengurangi atau menunda penyakit neurodegeneratif terkait usia dan penurunan kognitif. 

Buah beri terbaik untuk dinikmati termasuk blueberry, blackberry, stroberi, blackcurrant, dan mulberry.

Blueberry, khususnya, termasuk yang paling bermanfaat. Mereka tinggi serat, vitamin C, vitamin K, dan Mangan. Beberapa penelitian menemukan bahwa makan blueberry membantu meningkatkan daya ingat dan bahkan dapat menunda kehilangan memori jangka pendek.

Teh hijau memiliki khasiat obat

Teh hijau mengandung senyawa bioaktif seperti katekin, yaitu antioksidan alami yang membantu mencegah kerusakan sel dan memberikan manfaat lainnya. Beberapa senyawa paling kuat dalam teh hijau adalah epigallocatechin gallates (EGCG), yang telah dipelajari untuk khasiat obatnya dalam mengobati berbagai penyakit.

Teh hijau mengandung kafein, yang telah terbukti meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk memperbaiki suasana hati, waktu reaksi, dan daya ingat. Ini juga mengandung asam amino L-theanine, yang dipercaya dapat meningkatkan aktivitas neurotransmitter GABA, yang memiliki efek anti-kecemasan. 

Studi menunjukkan bahwa kombinasi kafein dan L-theanine sangat ampuh untuk meningkatkan fungsi otak.

Otak Anda membutuhkan asam lemak

Omega-3 membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, dan DHA sangat penting untuk membran sel otak dan retina. Meskipun salmon, mackerel, tuna, herring, dan sarden mengandung omega-3 yang tinggi, masalahnya adalah penurunan 90 persen pada stok ikan ini di seluruh dunia dan polutan serius yang ditemukan pada ikan masih tersedia.

Ada dua jenis omega-3, dan Anda tidak perlu makan ikan untuk mendapatkan keduanya . Omega-3 rantai pendek, (asam alfa-linolenat, dikenal sebagai ALA) ditemukan dalam biji rami, biji chia, dan kenari. Omega-3 rantai panjang , DHA dan EPA, dibuat di dalam tubuh dari ALA dalam jumlah kecil dan sulit didapat dari makanan (selain ikan), tetapi banyak suplemen turunan alga ada di pasaran. Cukup cari "suplemen DHA EPA vegan".

Kacang kenari hitam mencegah penyakit saraf

Kacang kenari hitam mengandung tiga komponen utama yang membuatnya bermanfaat saat dikonsumsi - antioksidan, lemak tak jenuh ganda, dan senyawa fenolik. Kacang kenari juga mengandung berbagai nutrisi lain, termasuk serat, protein, melatonin, dan folat, yang merupakan sejenis vitamin B.

Ellagitannins memiliki sifat anti-inflamasi dan melawan radikal bebas di dalam tubuh. Menurut penelitian , senyawa ini membantu mencegah timbulnya dan perkembangan penyakit neurodegeneratif, termasuk penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, dan sklerosis lateral amiotrofik.

Minyak zaitun adalah emas cair

Ahli gizi telah menjuluki emas cair adalah minyak zaitun, tidak hanya karena manfaat kesehatannya yang telah lama diketahui untuk jantung tetapi juga untuk membantu meningkatkan kognisi dan memori secara umum. 

Minyak zaitun meningkatkan autophagy, yang merupakan sejenis sistem detoksifikasi di otak Anda.

Penting untuk memasukkan minyak zaitun dan lemak sehat lainnya seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda (omega-3 dan omega-6) dalam makanan Anda, karena ini membantu mengurangi risiko penyakit jantung. 

Mereka juga melindungi neuron dan meningkatkan transmisi saraf di otak. Namun, pada saat yang sama, penting untuk menghindari lemak trans atau lemak buatan yang ditemukan dalam makanan olahan, serta lemak jenuh "buruk", yang ditemukan dalam karbohidrat olahan, termasuk banyak makanan ringan olahan.


Baca juga