Cara Berhenti Menyabotase Diri Sendiri Demi Kesuksesan Anda

Sabotase diri terjadi ketika pikiran logis dan sadar Anda (sisi Anda yang mengatakan Anda perlu makan sehat dan menghemat uang) bertentangan dengan pikiran bawah sadar Anda (sisi Anda yang stres makan cokelat dan terus berbelanja online) . Yang terakhir adalah suara batin kritis yang tampaknya menahan Anda dan menyabot upaya Anda.

Sabotase diri melibatkan perilaku atau pikiran yang menjauhkan Anda dari apa yang paling Anda inginkan dalam hidup. Itu adalah sentimen internal yang menggerogoti kita, mengatakan "Anda tidak bisa melakukan ini."

Ini benar-benar alam bawah sadar Anda yang mencoba melindungi Anda, mencegah rasa sakit dan mengatasi ketakutan yang mengakar. Tetapi hasil dari sabotase diri adalah kita ragu-ragu alih-alih menghadapi tantangan baru. Kita melupakan impian dan tujuan kami. Pada akhirnya, kita tahu kita ketinggalan, tetapi kita tidak mengerti mengapa.

7 Cara Berhenti Menyabotase Diri Sendiri Demi Kesuksesan Anda

Jadi apa yang dapat kita lakukan untuk menghentikan perilaku membatasi diri? Berikut tujuh langkah yang dapat Anda ambil segera untuk berhenti mengganggu kesuksesan Anda:

Pahami sabotase diri.

Banyak dari kita terlibat dalam perilaku sabotase diri sendiri. Kita membiarkan tindakan ini terus-menerus mengganggu kesuksesan dan kesejahteraan kita, tetapi kita bahkan mungkin tidak sadar bahwa kita sedang melakukannya.

Penghancuran diri adalah ketika Anda melakukan sesuatu yang menghalangi niat Anda, atau impian dan tujuan Anda yang lebih besar. Saya menginginkan sesuatu, tetapi entah bagaimana saya tidak bisa sampai di sana. Mengapa? Di suatu tempat di alam bawah sadar kita, kita menderita karena tujuan itu.

Pikiran bawah sadar Anda mungkin melihat sabotase diri sebagai pertahanan diri; cara untuk menjaga dan mempertahankan diri, bahkan jika itu tidak diperlukan lagi. Beberapa sabotase diri kita sangat halus sehingga mudah terlewatkan. Kita sering gagal mengenali bagaimana tindakan kita menyakiti diri kita sendiri.

Kita tidak melihat bagaimana ketidakteraturan kita mengganggu kita, atau bagaimana kita terus-menerus terlalu memikirkan semua keputusan kita, membuat kita praktis lumpuh karena kelambanan. Kita tidak menyadari bahwa reaksi kita terhadap situasi akhirnya menyebabkan masalah yang lebih besar dalam jangka panjang.

Kenali kebiasaan menyabotase diri.

Langkah pertama dalam memutus siklus sabotase diri adalah menyadari perilaku ini. Lihatlah tindakan Anda sebagai orang luar. Kebiasaan, pola, dan pola pikir merusak diri apa yang menghalangi Anda?

Berikut merupakan beberapa hal kebiasaan sabotase diri yang umum harus diperhatikan:

  1. Menunda. Alih-alih mengerjakan proyek penting pada waktu yang tepat, Anda dapat membuang waktu Anda sampai akhir. Jika Anda tidak memberi diri Anda waktu untuk memperbaiki kesalahan Anda dan melakukan pekerjaan secara menyeluruh, Anda tidak akan bersinar. Mulailah menetapkan tenggat waktu untuk mencapai tujuan Anda
  2. Self-talk negatif / pikiran negatif. Dialog batin Anda selalu penting. Apakah Anda menghukum diri sendiri karena kesalahan masa lalu? Apakah Anda selalu mengkritik diri sendiri? Harap bersabar. Harap berbaik hati pada diri sendiri. Bekerja untuk membangun diri Anda sendiri.
  3. Perfeksionisme . Anda bisa mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda tidak dapat mengambil tindakan sampai waktunya tiba, atau yakin bahwa Anda perlu mengasah keterampilan Anda sebelum Anda dapat melanjutkan. Ini adalah salah satu bentuk penghancuran diri. Kesempurnaan adalah kriteria mustahil yang menghalangi Anda untuk bergerak maju.

Identifikasi akar penyebabnya.

Banyak dari kita sedang mengembangkan cara yang tidak sehat untuk mengatasi stres. Kita berulang kali mengabaikan komitmen, tidak menjaga diri kita sendiri, dan melemahkan hubungan. Kita membiarkan diri kita bereaksi negatif terhadap situasi tersebut. Tetapi terkadang hal-hal begitu halus sehingga kita tidak menyadari bahwa sabotase diri adalah akar dari banyak masalah kita.

Seringkali, kebiasaan sabotase diri kita berakar pada harga diri kita. Anda tidak merasa layak untuk sukses. Bahkan jika Anda menetapkan tujuan tinggi untuk diri sendiri dan mencoba memberi kompensasi berlebihan, Anda akan menderita perasaan yang tidak memadai. Beberapa bahkan mungkin menggunakan sabotase diri sebagai penyimpangan untuk mengendalikan takdir mereka.

Lebih baik mengendalikan kegagalan Anda daripada membutakan Anda pada hal-hal yang tidak diketahui. Identifikasi penyebab gangguan Anda, buat perubahan pada hal yang menghentikan pekerjaan Anda.

Luangkan waktu untuk refleksi diri.

Dibutuhkan introspeksi yang serius untuk memahami mengapa Anda terus menembak diri sendiri sejak awal. Meluangkan waktu untuk menyelidiki masalah yang Anda curigai menyebabkan diri Anda sendiri dapat mengarah pada kesadaran yang lebih dalam dan memberi Anda wawasan tentang diri Anda serta motif dan keinginan yang mendasari Anda.

Orang- orang sukses adalah orang yang dapat dan selalu meluangkan waktu untuk memikirkan pilihan, keputusan, dan tindakan mereka. Orang sukses belajar dari apa yang berhasil dan apa yang gagal. Kemudian saya menyesuaikan perilaku dengan mengambil pendekatan yang berbeda. Hanya melalui introspeksi kita dapat memperoleh wawasan, perspektif dan pemahaman yang dibutuhkan untuk memulai proses perubahan.

Temukan suara batin Anda yang positif.

Dalam banyak kasus, ketakutan adalah akar dari apa yang menghalangi kita. Kita takut bahwa suara kritis batin kita benar. Kita khawatir bahwa kita memang tidak pantas mendapatkan sebuah kebahagiaan, tidak tangguh, atau tidak memiliki kemampuan dalam diri kita. Saatnya mengesampingkan suara hati yang keras seperti "Saya tidak bisa" atau "Saya gagal".

Dialog internal negatif itu adalah pola pikir yang membatasi diri. Mulailah menggantikan hati nurani yang kritis itu dengan ide-ide yang positif dan membesarkan hati.

Begitu Anda mulai melihat area dan cara yang membatasi Anda, Anda dapat mulai melawan tindakan itu secara efektif. Anda dapat memilih untuk tidak merusak diri sendiri. Anda dapat mulai mengembangkan perilaku positif dan menciptakan suara yang berani dan percaya diri untuk membimbing Anda.

Ubah pola perilaku Anda.

Pikirkan tentang bagaimana tindakan yang Anda lakukan dan pikiran yang menurut Anda bertentangan dengan kebahagiaan Anda. Kemudian carilah cara untuk mengganti pola lama dengan pola baru yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Awalnya, Anda mungkin perlu belajar mengubah perilaku dengan menghindari pemicu tertentu, seperti orang negatif atau situasi sulit yang dapat menyebabkan reaksi merugikan. Jika Anda mengalami situasi stres yang menyebabkan reaksi negatif, cari cara untuk mengatasinya atau menghindarinya sambil mempelajari cara-cara sehat untuk menghadapinya.

Buat perubahan kecil dan bermakna.

Setelah Anda mengidentifikasi perubahan yang ingin Anda buat, pilih yang ingin Anda kerjakan. Jangan mencoba membuat perubahan besar. Ini tidak realistis, perubahan besar itu sulit dipertahankan dan mudah dilepaskan. Sebaliknya, mulailah dengan membuat perubahan kecil dan bermakna yang perlahan-lahan membangun untuk membuat perubahan besar dalam hidup Anda.

Jika Anda mendapati diri Anda terus-menerus melewatkan tenggat waktu, mempertahankan prospek, atau sekadar membingungkan dan menghalangi kesuksesan Anda, ambil langkah mundur dan cari perubahan kecil yang berarti yang dapat Anda lakukan untuk menuju jalan menuju kesuksesan yang lebih besar.

Jika Anda bingung atau tidak selalu berada di jalur yang benar untuk apa yang harus dilakukan, luangkan waktu lima menit setiap pagi untuk membersihkan meja Anda dan membuat daftar tugas. Jika Anda melewatkan tenggat waktu, duduklah dan buat jadwal yang bijak untuk menyelesaikan proyek Anda. Kemudian ikuti langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut untuk mencapainya dan membangun kepercayaan diri.

Dengan melakukan semua ini, Anda dapat mengontrol hidup Anda dan menghilangkan perilaku merusak diri sendiri.







Baca juga